Harga Tiket Kereta Api Rute Keberangkatan dan Destinasi Populer

Kereta api jadi salah satu akomodasi kendaraan umum yang paling banyak digunakan di Indonesia. Harga tiket kereta api yang terjangkau dengan estimasi perjalanan yang singkat membuatnya banyak dipilih dibanding akomodasi lain.

banyak rute keberangkatan dan destinasi populer yang kini bisa dicoba oleh siapa pun. Tidak perlu khawatir akan fasilitas, para penumpang kini akan dimanjakan dengan kualitas pelayanan nomor satu di setiap kelas gerbongnya.

Harga Tiket Kereta Api

Sebagai gambaran, calon penumpang bisa mengambil rute penerbangan dari bandara besar seperti bandara internasional Jakarta. Dari sini biasanya harga bisa jadi patokan penerbangan lainnya. Berikut beberapa harga penerbangan domestik dari Jakarta (CGK) ke bandara kota lainnya:

  • Kelas Ekonomi

Kereta Api Keberangkatan Destinasi Harga
Kahuripan Kiaracondong Lempuyangan Rp 80.000,-
Argo Parahiyangan Bandung Jatinegara Rp 90.000,-
Harina Bandung Surabaya Pasutri Rp 210.000,-
Malabar Bandung Solo Rp 165.000,-
Harina Bandung Cirebon Rp 130.000,-

 

  • Kelas Bisnis

Kereta Api Keberangkatan Destinasi Harga
Argo Parahiyangan Bandung Jatinegara Rp 90.000,-
Malabar Bandung Jogjakarta Rp 210.000,-
Malabar Bandung Solo Rp 210.000,-
Harina Bandung Cirebon Rp 130.000,-

 

  • Kelas Eksekutif

Kereta Api Keberangkatan Destinasi Harga
Argo Parahiyangan Bandung Jatinegara Rp 125.000,-
Argo Wilis Bandung Surabaya Pasutri Rp 400.000,-
Argo Wilis Bandung Solo Rp 400.000,-
Harina Bandung Cirebon Rp 220.000,-

 

Harga rute keberangkatan-tujuan (destinasi) ini akan sama saja bila dibalik. Destinasi yang disebutkan merupakan destinasi favorit yang banyak dicari para penumpang. Tidak hanya tiket pergi antar luar kota, kereta api juga memiliki rute perjalanan dalam kota (kereta lokal).

Untuk setiap daerah rute perjalanan kereta lokal akan berbeda dengan harga tiket yang berbeda pula. Namun di samping itu, pelayanan hingga fasilitas yang diberikan bisa dikatakan cukup sama dengan daerah operasi lainnya.

Artikle Lain : Wisata Alam Indonesia Terbaik

Perbedaan Jenis Kelas Kereta Api

Tidak harga tiket kereta api tiket yang berbeda tapi juga terdapat spesifikasi jenis angkutan kereta api yang berbeda pula. Jenis angkutan banyak disebut selanjutnya dengan istilah “kelas”. Dalam satu rangkaian kereta api terdapat 3 kelas sekaligus. Berikut perbedaan jenisnya:

  1. Kelas Ekonomi

Kelas ekonomi merupakan kelas dengan harga tiket yang paling murah. Letak kursi yang disematkan dalam gerbong terbilang berdekatan. Walaupun begitu, fasilitas yang diberikan cukup lengkap dan nyaman.

Gerbong sudah di lengkapi dengan pendingin udara, pengeras suara hingga tirai penutup kereta. Yang jadi pembeda paling besar adalah harga dan jumlah penumpang dalam satu gerbong. Selebihnya fasilitas yang diberikan bahkan lebih dari cukup.

  1. Kelas Bisnis

Satu tingkat di atas kelas ekonomi, kelas bisnis sering jadi pilihan bagi penumpang yang ingin duduk nyaman dengan ruang yang cukup luas. Kelas bisnis memiliki harga di atas kelas ekonomi. Sering kali harganya naik 2x lipat bahkan lebih.

Fasilitas yang diberikan cukup beragam. Mulai dari tempat duduk yang nyaman kapasitas maksimal dua orang hingga pencahayaan yang cukup. Tata letak dalam gerbong juga sama rapinya dengan kelas lain.

  1. Kelas Eksekutif

Kelas eksekutif seperti namanya menjanjikan pelayanan dan fasilitas yang tidak ada di kelas bisnis dan ekonomi. Tentu saja harga yang ditawarkan pun jauh berbeda dari kedua kelas yang sudah disebutkan.

Dalam satu gerbong kursi ditata sedemikian rupa untuk duduk perorangan. Ditambah dengan pengaturan kursi yang bisa disesuaikan bentuk tubuh.

Harga tiket kereta api memang beragam bergantung kelas yang dipilih. Perlu dipahami harga rute bulak balik bisa jadi sama selama memilih jenis kereta yang sama pula.

Leave a Comment